Tipe Kepribadian Dan Job

1. Tipe realistis

Menyukai pekerjaan yang sifatnya konkret yang melibatkan kegiatan yang sistematis seperti mengoperasikan mesin atau peralatan. Tidak banyak membutuhkan ketrampilan komunikasi atau hubungan dengan orang lain. Mereka ini memiliki fisik yang kuat. Mereka baik untuk berkarir di bidang seperti perburuhan, pertanian, barber shop, dan konstruksi.

2. Tipe intelektual/investigatif

Menyukai hal-hal yang teoritis dan konseptual. Cenderung sebagai pemikir dari pada pelaku tindakan, senang menganalisa dan memahami sesuatu, biasanya menghindari hubungan sosial yang akrab. Tipe ini cocok untuk bekerja di laboratorium penelitian seperti peneliti, ilmuwan dan ahli
matematika.

3. Tipe sosial

Senang membantu atau bekerja dengan orang lain. Kegiatan yang melibatkan kemampuan berkomunikasi dan keterampilan berhubungan dengan orang lain, namun biasanya kurang dalam kemampuan mekanikal dan sains. Pekerjaan yang sesuai yaitu guru/pengajar, konselor, pekerja sosial, guide, bartender.

4. Tipe konvensional

Menyukai pekerjaan yang terstruktur atau jelas urutannya, mengolah data dengan aturan tertentu. Pekerjaan yang sesuai yaitu sebagai sekretaris, teller, filing, akuntan.

5. Tipe usaha/enterprising

Cenderung mempunyai kemampuan verbal/komunikasi yang baik dan menggunakannya untuk memimpin orang lain, mengatur, mengarahkan, mempromosikan produk atau gagasan. Sesuai untuk bekerja sebagai sales, politikus, manajer, pengacara, agensi iklan.

6. Tipe artistik

Cenderung ingin mengekspresikan dirinya, tidak menyukai struktur atau aturan, lebih menyukai tugas-tugas yang memungkinkan ia mengekspresikan diri. Karir yang sesuai yaitu sebagai musisi, seniman, dekorator, penari, penulis.

 

Seseorang
mungkin saja tidak murni memiliki satu tipe tertentu, tetapi gabungan anatara beberapa tipe namun tetap memiliki sebagian besar atau kecenderungan pada satu tipe tertentu.